Protek Panasonic TC-14P10BB

Assalaamualaikum....
Hallo sobat semua,senang sekali di bulan suci ramadhan yang penuh berkah ini saya kembali dapat memposting pengalaman di meja kerja,dan mungkin saja rekan2 tekhnisi juga akan menjumpai pekerjaan dengan problem seperti yang saya alami.
Oke,beberapa hari lalu saya kedatangan televisi Panasonic model TC-14P10BB,jika diperhatikan mainboard panasonic seri ini sama dengan mainboard panasonic Quintrix Fseries.menggunakan IC single TDA9381PS,FBT G4GAM3F-1,STR W6654A dengan gejala jika di ON kan lampu led indikator berkedap-kedip dari merah ke hijau,kemudian merah lagi dan hijau lagi terus protek,dan tentunya tidak mau menyala,hehehe.....





Dengan mengucap Bismillah lalu saya buka casing ini tv,lalu saya on kan dan mulai saya ukur tegangan di tiap blok rangkaian,pada B+ terukur 90v,vertikal terukur 24v yang diambil dari regulator,dan blok RGB terukur 180v dan ini semua normal,lalu saya lepaskan beban 24v yang menyuplai blok vertikal dan saya coba ON kan lagi,tapi tetap  hasilnya sama.
Setelah puas ukur sana-sini,akhirnya saya lepaskan TR SMD Q605 yang menjadi pusat protek,karena biasanya jika tegangan semua normal dengan melepas TR ini sudah bisa nyala normal.
setelah TR Q605 saya lepas sekarang saatnya mencoba,dan yesss......akhirnya tv mau menyala,lalu saya masukkan DVD player melalui input AV,karena didaerah saya kota lubuklinggau belum terjangkau stasiun relay tv swasta nasional,jadi untuk menikmati siaran tv swasta masih menggunakan receiver digital plus parabola,dan tentunya di tv melalui input AV.


Sekarang tv udah mau nyala dan gambarnya juga jernih tapi................kok nggak ada suaranya ya.......?
lalu saya besarkan volume di tombol panel,level suara maksimal tapi kok suaranya kecil banget.
akhirnya saya cek bagian audio dan saya ukur tegangan,dan terukur 12v dan ini normal,speakernya rusak juga bukan,hmmm apanya nih......?
Karena saya lagi puasa jadi males mikir lama-lama,akhirnya langsung tak ganti saja IC sound nya AN7523 dan kebetulan masih punya stok.
setelah pergantian pemain ini dan tv saya coba nyalakan lagi,,creekk...tv nyala tapi tetep aja nggak ada suaranya...waduh,,,puasa-puasa dikerjain nih......hehehehehe
akhirnya saya kepikiran jika tv ini dalam posisi MUTE,mana remote nya nggak ada lagi,,walah.......
Dan akhirnya saya telusuri jalur MUTE disekitar IC AN7523 dan ketemulah TR SMD Q2380, dan langsung tak copot saja TR tersebut,

yang dilingkari garis biru itu lokasi TR MUTE nya
kemudian saya ON kan lagi TV nya dan suaranya langsung woooorrrrrr keras....... rupanya tadi lupa volumenya belum di kecilkan 
Nah sekarang beres deh kerjaan,Alhamdulillah ya ALLAH atas pertolongan MU dan rezeki yang telah Engkau berikan.

Comments

  1. Bang saya pny tv panasonic 21in,tp gbr tidak fokus..sudah dignti soket sama plebeknya tp msh saja..kata teknisinya tabungnya rusak bang..kira2 apa tabung memang rsk,memang saya beli tv ini th2003

    ReplyDelete
  2. kerusakan tabung mungkin saja mengingat tv anda sudah cukup berumur.
    coba vr screen agak dikecilkan sehingga raster agak gelap,kemudian coba stel vr fokusnya..
    jika gambar msh mau fokus,naikkan lg vr screen nya
    semoga membantu

    ReplyDelete
  3. Gan, posisi TR mutenya dmna ya ? Kode berapa?...trims

    ReplyDelete
  4. mas pnsnc sy ky gt persis
    cma keluhan siaran lama2 hilang
    tuner dh gnt, zener jalur 33v udah
    teg 33v ada 5v ad
    kira2 ap lg ya

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas informasinya sangat membantu

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan