Tv LG Ultra Slim Nyala sebentar langsung standby



        Assalaamu’alaikum….
Halo sobat dan rekan tekhnisi tuser…
Sudah lama sekali saya tidak posting lagi di blog saya yang sederhana ini dikarenakan kesibukan sehingga tidak semua pekerjaan dapat saya posting .
Oke,kali ini saya kembali akan berbagi pengalaman di meja kerja saya,beberapa waktu lalu saya kedatangan sebuah pesawat televisi merek LG Ultra Slim type FU2RD-T3 menggunakan IC chrome LV76211 3C dengan gejala setiap di nyalakan start sebentar dan belum sempat muncul gambar tv langsung standby,begitu dipencet tombol CH atau on/off dari remote tv start sebentar lalu balik stanby lagi dan begitu seterusnya dan kata pemiliknya setengah jam kemudian baru bisa nyala, hahahaha…..
Kerusakan seperti ini hampir sama dengan kerusakan klasik tv Polytron,bagi yang tekhnisi yang sudah berpengalaman tentu tidak ada kesulitan dengan kerusakan seperti ini,karena ini merupakan gejela protek yang disebabkan oleh salah satu blok yang terdapat sensor protek mengalami problem sehingga memicu aktifnya sistem proteksi.
Setelah saya mengucap bismillah dan saya buka casingnya terlihat solderan masih pada mulus alias belum pada retak,langsung ambil ESR meter yang sudah saya buat  beberapa waktu lalu dan kemudian mulai cek elco-elco yang mencurigakan tanpa melepas elco dari mainboard terutama di blok yang rentan panas.
Alhasil ketemu elco C308 dengan nilai 16v/47uf dalam kondisi kering,letaknya dekat IC vertikal dengan tanda jarum ESR saya hanya bergerak sedikit ketika mengukur elco tersebut dan sudah dapat dipastikan elco tsb error dan membesar nilai ESR nya.
Tanpa membuang waktu langsung ganti elco tadi dengan kualitas yang baik meskipun bukan elco baru dari toko,karena sekarang elco baru banyak yang palsu dan kualitasnya kurang baik.

gambar yang saya beri lingkaran merah adalah letak posisi elco yang dimaksud, setelah penggantian personel komponen tadi akhirnya didapat hasil ini:



Alhamdulillah pekerjaan terselesaikan dan puji syukur kepada Allah azza wajalla atas segala kemudahan serta rizki yang telah di limpahkan.
demikianlah posting saya kali ini,sekali lagi gejala boleh sama namun problem kerusakan bisa saja berbeda karena banyak peyebab tv menjadi protek terutama tv yang sudah menerapkan sistem proteksi karena di setiap blok terdapat sensor protek.

Comments

  1. file:///E:/%D8%A7%D8%B9%D8%B7%D8%A7%D9%84%20%D9%85%D8%B5%D9%88%D8%B1%D8%A9/oe05s8plg73.jpg

    ReplyDelete
  2. file:///E:/%D8%A7%D8%B9%D8%B7%D8%A7%D9%84%20%D9%85%D8%B5%D9%88%D8%B1%D8%A9/oe05s8plg73.jpg

    ReplyDelete
  3. http://dc217.4shared.com/img/Ybq9h-f9ce/s23/1555422b668/oe05s8plg73

    ReplyDelete
  4. thanks very much master..sy sdh coba dan berhasil pdhl sdh bbrp hr blm dpt biangx

    ReplyDelete
  5. Cek gur kawan..terima kasih byk. Berkah selalu Aamiin

    ReplyDelete
  6. terimakasih bos ...saya juga berhasil dengan nasehatnya

    ReplyDelete
  7. mantap bro.. sukses trus...
    trima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan