LED Polytron PLD32T710 Mati Total



Assalaamualaikum sobat tekhnisi semua...
Apa kabarnya?
Sudah lama sekali saya nggak posting di blog saya ini,kalau di hitung2 sudah lebih dari 3 tahun blog saya ini nggak update...
Oke lah,kali ini saya akan berbagi sedikit tentang pengalaman yg masuk ke meja kerja saya.
Beberapa waktu lalu saya kedatangan televisi LED Polytron dengan type PLD32T710 dengan kondisi matot alias mati total dan indikator tidak menyala sama sekali.

Dengan mengucap Bismillah lalu saya buka cover bagian belakang.setelah cover terbuka saya amati dengan seksama dan disitu ada 2 buah modul yaitu bagian power suply dan sekaligus inverter backlight dan yang kedua adalah modul mainboard atau atau biasa disingkat MB...
Karena kondisi matot alias tidakmenyala sama sekali maka yang saya periksa awal adalah bagian power suply,saya cabut socket kabel dari power suply yang nenuju ke mainboard kemudian saya ukur tegangan sekunder,dan hasil pengukuran menunjukkan tegangan 5v ternyata drop menjadi sekitar 3v dan tegangan 12v tidak keluar.
Saya mengira masalah ada di power supply,namun tanpa sengaja tangan saya tersentuh lilitan induktor inverter backlight,ketika jari saya tersentuh komponen tsb terasa panas begitu juga mosfet inverter yg bodynya tertulis D444 BA4C1N...saya pikir nah ini dia biang keroknya.


Saya periksa mosfetnya ternyata memang short,dan langsung saya copot mosfetnya dari pcb lalu saya coba hubungkan kembali modul power suply tsb ke sumber listrik dan saat ukur tegangan 5v dan 12v sudah nongol dan berati mosfet penguat inverter tadi yg bikin tegangan drop,lalu saya hubungkan kembali socket ke mainboard dan saya nyalakan ternyata lampu indikator berwarna biru pun menyala dan ketika saya pencet tombol power ternyata mau start dg ditandai led indikator yg padam serta led indikator logo POLYTRON di depan berkedip,berarti mainboard tidak ada masalah.

Sebelum saya mengganti mosfet tsb terlintas difikiran saya apakah gerangan penyebab jebolnya mosfet tsb,lalu saya cek semua komponen di sekitar blok inverter mulai dari 2 buah dioda yg diparalel sebagai penyearah tegangan output yg menuju ke LED backlight namun dlm kondisi baik begitu juga elco 50v/100uf langsung saya ganti dengan yang normal serta beberapa resistor tidak ada yang molor atau putus,tak lupa saya cek tegangan keluaran dari IC driver inverter OB3350CP yang menuju gate terukur 9v tanpa mosfet dan saya rasa ini normal karena mosfet tidak dipasang dan tegangan input IC driver ini 12v yg diambil dari tegangan supply inverter.


Lalu saya mengganti mosfet penguat inverter nya,karna tidak punya mosfet jenis SMD dg nomor D444 BA4C1N maka alternatifnya saya ganti dg IRF640,setelah penggantian mosfet dan sebelumya saya lepas beban yang menuju LED backlight dg mencabut socketnya,lalu tv saya nyalakan dan saya ukur tegangan keluaran inverter terukur 35v DC,setelah itu saya matikan dan saya pasang kembali socket lampu BL nya dan  kemudian tv saya nyalakan dan saya ukur tegangan BL yang tadi terukur 35v sebelum ada beban dan setelah BL menyala tegangan turun menjadi 22v dan pesawat tv pun hidup
,tapiiiiii......eitt belum 5 menit kok mosfet IRF640 terasa panas over,buru2 saya matikan tv...


Kembali saya cek blok inverter dan saya pegang lilitan induktor ternyata sangat panas,lalu saya copot induktor tsb dan saya buka,sepintas lilitan masih terlihat normal namun karna penasaran akhirnya saya buka lilitan satu persatu dan ternyata tembaga lilitan bagian dalam sudah berubah warna agak kemerahan.
Lalu saya gulung ulang lilitan induktor tsb dengan kawat email diameter 0,5mm sebanyak 52 lilitan sesuai jumlah lilitan awal tadi,setelah itu saya balut kembali dengan kencang pakai isolasi.


Setelah itu saya pasang kembali dan tv saya nyalakan dan hasilnya mosfet masih panas haduuuhhhh...
Setelah berfikir sejenak terlintas di benak saya mungkin mosfetnya nggak cocok,karna sulit mendapatkan mosfet aslinya tersebut ,lalu mosfet alternatif IRF640 saya ganti dengan HFP50N06 alias 50 amper 60 volt,setelah pergantian mosfet memang terasa tidak sepanas IRF640 tapi saya merasa panasnya masih berlebihan,sebab mosfet aslinya jenis SMD justru terpasang di board dan tanpa heatsink alias pendingin,berarti ini masih belum normal...


Lalu saya ukur tegangan pada kaki Gate mosfet terukur 4,8v namun bila mosfet dilepas tegangan pada Gate terukur 9v,akhirnya saya putuskan untuk mengganti IC driver inverter  OB3350CP namun karna IC tersebut saya harus beli online dan tv pun pending beberapa hari sambil menunggu paket IC datang.

Setelah IC OB3350CP datang  langsung saya eksekusi dan setelah penggantian IC driver tersebut tv saya nyalakan dan teryata mosfet Cuma anget2 kuku hehehehe....
Tapi kok nggak ada suaranya ya...hmmmm saya cari2 speakernya di body tv ternyata nggak ketemu,tapi setelah saya lihat cover belakang ternyata tv ini speakernya terpisah dari unit tv dan speakernya nggak ikut dibawa sama usernya...ohhh pantesan nggak ada suaranya hehehe...
Karna ukuran fisik mosfetnya lebih besar daripada  aslinya jadi saya pasang terpisah dari pcb nya mela lui kabel dan saya kasih heatsink secukupnya,dan test tv 1 jam... 2 jam... 3 jam... mosfet Cuma anget saja dan lalu tutup cover dan Alhamdulillah gajian...


Demikianlah sekelumit pengalaman yang dapat saya bagikan,saya bukan master,bukan orang pinter,bukan juga sok pinter,tapi hanya ingin berbagi saja dan berbagi itu indah dan semoga bermanfaat.
Wassalam

Comments

  1. Makasih bang atas penjelasannya

    ReplyDelete
  2. Kalau tv lled polytron pld32t710 setelah 10menit stanby rusak apanya ya master

    ReplyDelete
  3. Nanya Gan.. LED polytron pld32t710 keluarnya raster lama ,kenapa ya gan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini kasus yg lgi ane proses.mosfet nya pecah jdi nomor nya ke potong.makasih info nya ,sangat amat membantu.

      Delete
  4. Ini yang saya cari dari kemarin min, makasih banyak sudah share disini
    https://cody.id/produk/lcd-separator/



    CODY***GARANSI SELAMANYA***
    + HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH +
    + JASA SERVIS PASTI LEBIH CEPAT +

    ReplyDelete
  5. Ikut nyimak gan,sy ada LED tipe sama,kerusakan matot karena kena petir,kira2 mobo & layar panel nya rusak ga ya,karena psu sendiri jelas ga keluar tegangan...trus ic ob3350cp & mosfet D444 masih nunggu online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pling psu nya aja yg rusak. Klo sampe ke panel jarang kena. Paling banter modul psu sama main board nya 👍

      Delete
  6. udah nggk wajar jika tegangan input gate kesebuah mosfet misalnya 7n65c ataupun mosfet lainnya berisikan 9v sebagai catu daya pembangkit oscilator switching seharusnya(0,sekian sampai 4,3v) agar mosfet awet kecuali mosfet SCR yang tegangannya input gatenya 5,6v-12v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca lagi gan postingan nya,dah jelas itu pin gate terukur 9v dan mosfet panas,lalu diganti ob3350cp nya baru normal

      Delete
    2. Bila anda mencabut fet.lalu ukur teg pada kaki gate akan terukur 7-11 v. Klo yg fet ori masih sanggup didrive teg.segitu

      Delete
  7. buat tipe mosfet pld24t8611 sma ga mas tv sya indikator mati tpi pas d cek ke socket indikator ada arus

    ReplyDelete
  8. Posisi soket indikator tdk menacap..dn aliran digital tv juga ttidak menacap..
    Lalu bbrp saat kemudian ada petir
    Stlah reda
    Bsk paginy nyalain tv
    Posisi mati total..
    Kenapa ya gan ?

    ReplyDelete
  9. lampu led saya ganti ko panas ya gan? penyebabya pa ya gan? polytron pld32d900.

    ReplyDelete
  10. Tv politron led pld32d710e mosfet dah diganti tapi teg 5 v 12v gak keluar juga

    ReplyDelete
  11. Tolong bantu om say punya LED Polytron pld901 mati standby hidup dan di sekitar powersply kalau di tespen ada arus yg bocor dan capsitor paling besar ada strumnya walau sudah di cabut listrknya tolong konfirmasi om.trmakasih

    ReplyDelete
  12. Maaf mau tanya..kemarin tv saya (POlytron PLD32D905) layar mati tp suara normal..setelah d coba gati backlight..ok layar nyala lagi,tp ada garis vertikal sedikit..
    Trus gak lama kemudian kira2 10-15 detik mati lagi..
    Kkra2 apa yang salah/rusak..
    Oh iya..saya pake backlight yang mirip,karna yang seperti bawaan tv gax ada..
    Sebelumnya makasih..

    ReplyDelete
  13. Semoga berkah ilmu yang di bagi ke semua orang amiemmmm

    ReplyDelete
  14. Terimakasih ilmu nya , sangat bermanfa'at .

    ReplyDelete
  15. mau tanya,kalo tv led polytron type pld 20d9501 mati total tapi teggangan 12v ada tapi 5v hilang gimana solusinya

    ReplyDelete
  16. Mau nanya kl pnya saya TV led polytron type 32T100 klo di hidupkan kluar logo ngedap trus gelap gk ad gambar tp ad suara kira2 apanya tlong bantuanya gan

    ReplyDelete
  17. Gan mohon infonya ic backlight politrron type plm24t33w bli ic nya d mana ya gan? ( keluhan backllight nyala tapi ga terang alias redup ) mohon info dan saranya trimakasih

    ReplyDelete
  18. Mantap trims info bang , lanjut yg lain dong he he he

    ReplyDelete
  19. Tanya boss...tv Polytron sy mati standby PLD32T451 solusi..?

    ReplyDelete
  20. Kalo ic mungil 5kaki yg 5vol it berap
    a gan seri nomornya..

    ReplyDelete
  21. gan, 2 transistor smd yang dekat ic driver psu polytron itu kode nya berapa ya..?? tolng bantuan ny...

    ReplyDelete
  22. Kalau mosfet nya pake gacun bisa GA

    ReplyDelete
  23. Mau tanya bang apakah pld32t710 dengan pld32t700 power suplaynya sama makasih mohon di jawab

    ReplyDelete
  24. Mau tanya bang, kalau tegangan yang ke kaki get berdenyut itu kenapa ban

    ReplyDelete
  25. Sangat menarik dan betul betul menjadi tambah wawasan setelah sedikit banyak membaca semua
    penjelasan diatas

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan