Polytron LED PLD 32D710 protek inverter dan hanya muncul logo sekejap



Assalamualaikum
Sobat semua apa kabar?
semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT
Senang sekali saya dapat memposting kembali pengalaman di meja kerja saya,siapa tahu ada yang sedang menghadapi kasus seperti kronologi dalam postingan saya ini,buat yang master abaikan hehehehe...
Beberapa waktu lalu saya dapat garapan televisi LED Polytron PLD 32D710 dengan keluhan setiap dinyalakan hanya tampil logo Polytron sekejap lalu tidak ada penampakan sama sekali alias gelap gulita

Setelah mengucap basmalah dan berdoa dalam hati saya pun buka cover belakang pesawat,sekilas terlihat tidak ada tanda-tanda gosong terbakar atau sesuatu yang mencurigakan
Saya coba nyalakan kembali pesawat tv,dan dari celah bagian belakang sekilas terlihat cahaya lampu backlight yang menyala hanya sekitar 1 detik saja...
Selanjutnya saya buka baut pada modul power suply,saya ukur tegangan disini terukur normal 5v dan 12v,dugaan saya sementara kasus adalah karena terjadi protek backlight inverter
Disini untuk driver backlight menggunakan ic OB3350CP dan power inverter pakai mosfet D444,kemudian saya cari datasheet untuk OB3350CP di si mbah dan menurut si mbah ada beberapa penyebap protek pada ic type ini,diantaranya ...
*jika arus yang melewati fet D444 over  (OCP)
*Tegangan pada pin 7 OB3350CP melebihi 2,2v (OVP)
*tegangan pada pin 1 OB3350CP drop dibawah 7v,namun disini hasil pengukuran terukur normal 12v
*jika tidak ada beban LED atau lampu LED ada yang putus dia akan protek

Setelah melakukan analisa lebih lanjut maka dugaan saya bukan lampu LED putus yang bikin protek karena saat dihidupkan sempat muncul logo POLYTRON sekejap,dan jangan bilang ada salah satu led mati karna menurut user tv ini baru saja beberapa hari ganti backlight satu set sebanyak 3 baris dan perbaris berisi 10 led/kancing.
Saya ukur semua elco-elco dibagian power suply dan inverter dengan ESR ternyata semua baik dan tidak ada yang koplak
Selanjutnya saya ukur kembali tegangan pada kaki-kaki OB3350CP,probe hitam AVO saya jepitkan ke bagian ground dan probe merah secara bergantian saya sentuhkan pada kaki-kaki OB3350CP,pada saat menyentuh pin 7 nampak cahaya lampu LED backlight menyala putih dari celah lubang di bagian pesawat,ketika probe merah saya lepaskan terlihat lampu backlight padam dan ketika saya sentuh kembali maka lampu backlight menyala  nah...disini masalahnya
Selanjutnya pin 7 OB3350CP saya jumper dengan ground melalui resistor dengan nilai 1 mega ohm  dan ketika  tv saya nyalakan ternyata sudah bisa menyala normal,namun setelah sekitar 10 menit menyala lampu backlightnya mati lagi waduh...apanya lagi nih
Setelah berfikir sejenak lalu saya coba kecilkan nilai resistor yang saya gunakan untuk jumper  pin 7 ke ground tadi yang semula saya beri nilai 1 mega ohm kini saya perkecil menjadi 390k ohm dan saat saya mencoba pesawat tv pun kembali hidup normal,saya tunggu sampai 1 jam sudah tidak mati lagi 

dan saya coba matikan dan hidupkan beberapa kali dan ternyata sudah normal,selanjutnya saya tutup cover bagian belakang dan saya test nyalakan selama 3 jam ternyata sudah tidak rewel lagi.
Jadi kesimpulan nya  protek ini terjadi karena ada resistor yang nilainya molor namun entah resistor yang mana karena pada bagian driver inverter yang berhubungan dengan OB3350CP semua menggunakan resistor jenis SMD dan memang agak sulit melacak resistor yang fisiknya hanya seukuran kutu


Demikianlah posting saya kali ini semoga bermanfaat
Salam solder

UPDATE

Jika dengan solusi diatas dalam beberapa hari kambuh lagi maka kita ubah R posisi pada pin 7 tadi dilepas dan cari R 100K lalu pasang pada pin 6 dan ujung R551 seperti gambar dibawah ini


Jadi pasang R100k tadi pada ujung C542 dan R551

Hasilya dijamin Joss dengan catatan Backlight normal tidak ada yang mati atau mau mati.

Comments

  1. Alchamdulillah, ini sama persis dwngan keluhanku,,, malah sudah saya ganti ic ob3350 nya masih saja blm mau nyala,. Akhirnya sya nemuin artikel ini, dan alhasil, tv menyala lagi,terimkasih mas iful.moga ilmu ini bisa bermanfaat bagi yg membacanya....

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah artikel ini sangat bagus dan smoga banyak teman2 kita yang berhasil ,smoga tambah maju dan penuh barokah,jazakalloh

    ReplyDelete
  3. Terimakasih atas ilmu yang di turun kan BOPO guru,,,😁😁😁

    ReplyDelete
  4. Mantap min...kasus sama....cara perbaikan juga dibikin sama.... langsung cling

    ReplyDelete
  5. Kasus Polytron begini terus ya! Tp saya coba nyala nya hanya sesaat paling lama 3 bulan dah balik lagi ke meja service entah apa lg, barangkali ada cara lain ?

    ReplyDelete
  6. Terimakasih atas postingannya mas dan terus membagi pengalamannya ,dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. kalau pin ke get fit down saat dipasang fet nya kenapa ya? tapi kalau fet dicabut, keluar tegangan 12v

    ReplyDelete
  8. Kalau tegangan d ob3350 semua normal tp lampu standby terus apa ya mas. Trima kasih

    ReplyDelete
  9. biasa ny ada led yg putus.. ketika dijamper led dipakasa nyala.. karna polytron mengunakan rangkain led seri paralel.

    ReplyDelete
  10. Terimakasih ilmunya, saya cobanya. Semoga yg mau bagi ilmunya dapat rejeki yg lebih banyak.

    ReplyDelete
  11. Selamat sore Bang..kalau di polytron PLD24D8511B kira kira sama enggak ya soalnya keluhannya sama led bagus tampilan hanya sesaat.kemudian protek blacklist,terima kasih semoga sukses dan sehat selalu..

    ReplyDelete
  12. Good master,
    Kasus nya sama persis seperti yang saya garap.

    ReplyDelete
  13. Master mau tanya donk, itu ic 503 kode nya berapa y

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan