TV Polytron Minimax tampil gambar pelangi lalu stand by



 Assalamualaikum…
Halo rekan semua,kembali saya nongol lagi di blog ini setelah agak lama nggak posting sesuatu di blog saya yang sederhana ini,karena sesuatu dan lain hal terutama malas ngetik dan juga koneksi gretongan internet yang kurang stabil… hehe
Oke,kali ini tentang tv Polytron,sebenarnya ini garapan bulan lalu tapi baru sekarang bisa saya bagikan pengalaman ini lewat posting di blog ini,karena ya…. Alasan di atas itu….hehe
Bulan lalu saya dapet garapan tv Polytron MINIMAX HYPERBAND 21’’ type MX 5202 yang menggunakan IC HBT-00-04G,,layar tv polytron ini sudah datar tapi belum slim,jadi body belakang nya masih menonjol karena leher crt nya panjang.


Keluhan tv ini adalah jika di hidupkan,di layar hanya ada tampilan pelangi selama beberapa detik kemudian mati standby alias terprotek.


Oke,bismillah…
Saya buka casing penutup belakang nya dan setelah itu saya bersihkan debu yang menutupi  mesin tv dengan kwas,seketika tanpa sengaja tangan saya menyentuh heatsink IC vertikal dan saya kaget ternyata heatsinknya panas sekali ,wah ini nih biang problemnya…
Bagian vertikal ini bekerja dengan tegangan simetris +12v dan -12v,Langsung saja tak copot IC vertikalnya dengan nomer AN5522,karena  tidak punya stok dan IC ini juga langka dipasaran akhirnya tak ganti dengan LA78041.


Setelah itu saya cek elco-elco yang mencurigakan menggunakan ESR dan ketemu elco C408 yang sudah kering dengan nilai 50v/100uf di bagian vertikal,dan resolder bagian yang sudah retak timah soldernya dan bagian yang rentan panas,setelah penggantian ke-2 komponen tadi sekarang saatnya mencoba dan….



Alhamdulillah Polytron Minimax Hyperband sudah normal dan hilang tampilan pelanginya…
Oh ya…jika sobat menemukan kasus seperti di atas jangan terlalu lama saat mencoba menyalakan ketika tampilan masih gambar pelangi,sebab menurut keterangan rekan-rekan tekhnisi di dunia maya,gejala kerusakan seperti ini jika dinyalakan terlalu lama dan tv tidak protek bisa menyebabkan leher crt patah,nah…bisa gawat kan….
Oke, salam sukses buat rekan-rekan semua…

Comments

  1. gan itu flyback tipenya apa ya? saya dapet servisan tipe sama mx 5202 tp stiker di flyback sudah hilang, jadi kerepotan cari data sheet fbt

    ReplyDelete
    Replies
    1. DST 2010-F88 atau FCM20B061N atau JF0501-19577

      Delete
  2. Gan, kalo punyaku gambar atas menyempit, itu kira" kerusakan d bagian mna gan....
    Mohon infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dlu elco2 di bagian vertikal,kl msh bandel cb di sermod

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan