TV FUJITEC KAIO Slim rusak vertikal



Assalaamualaikum…..
  Halo rekan semua,,,senang sekali rasanya di pertengahan desember 2013 ini saya dapat kembali posting di blog saya yang sederhana dan apa adanya ini,dan lebih senang lagi karena koneksi gretongan internet sudah kembali oke setelah beberapa hari kemarin sempat coid.
Oke,,,kemarin saya dapet garapan tv Fujitec Slim Flat dengan gejala problem seperti ini:



Bagi rekan2 tekhnisi yang sudah kenyang makan asam garam pertelevisian hehehehe…..pasti tidak asing dan tidak terlalu pusing dengan gejala kerusakan seperti di atas,yaitu kerusakan di bagian Vertikal.
Kerusakan vertikal sebenarnya bukan hanya karena IC vertikal mati atau defleksi yoke putus,tapi sebagian dari problem Vertikal bisa juga dari IC chroma,karena disanalah sinyal Vertikal berasal.
Dengan mengucap Bismillah saya bongkar casing dan jika diamati mesin tv fujitec ini mirip dengan mesin tv Sharp Alexander,terlebih lagi bagian depan nya bolong,dengan menggunakan IC laba-laba LV761132C, STR W6753,FBT JF0501-32639,IC vertikal LA78041 dan IC sound LA42205,CRT Sanyo,dan seperti biasa saya lakukan pengukuran tegangan dan hasilnya normal,dilanjut dengan menyolder ulang bagian2 yang rentan panas dan sudah retak solderan nya.


Dan sesaat setelah selesai penyolderan ulang terlihat c510 terlihat gembung bagian atasnya,c ini adalah elco bagian output vertikal nilainya 25v/2200uf.


Dan langsung ganti elconya karena kebetulan memang banyak stok,dan setelah pergantian elco tadi inilah hasilnya


Awalnya saya kira kerusakan vertikal yang rumit,tapi ternyata cuma elco output vertikal doang yang soak hehehe…..
Alhamdulillah pekerjaan selesai,dan terma kasih ya Allah atas kemudahan dan rezeki yang telah Engkau limpahkan.salam sukses untuk semua rekan tekhnisi/tuser semoga selalu mendapat kemudahan dalam pekerjaan dan mendapat rezeki yang halal.

Comments