Membuat Waterpump Otomatis

     Assalaamualaikum......
Halo,sobat semua,gimana kabarnya? semoga baik2 aja ya.
Oke kali ini saya kembali diminta bantuan sama salah satu mahasiswa prodi fisika STKIP PGRI lubuklinggau untuk membantu menyelesaikan tugas eldas dari dosen nya,yaitu membuat waterpump atau pompa air otomatis.
Nah sperti gambar diatas itu penampakanya,mulanya saya berfikir bahwa alat ini menggunakan IC,sementara saya lupa skemanya dan setelah searching ke mas google Alhamdulillah nemu juga skemanya di situs tetangga.
 
Dan langsung yang bersangkutan saya suruh beli bahan material yang dibutuhkan,mulai dari akuarium plastik ukuran sedang,pompa air untuk akuarium.IC CD4093 dan semua komponen lainnya.
besoknya langsung saya kerjakan dan karena waktunya yang mepet alias cuma 2hari jadi gak sempat lagi kalau harus desain untuk PCB nya,jadi saya gunakan PCB lubang-lubang,dan karena lubangnya yang kurang pas untuk IC CD4093 akhirnya IC nya saya pasang dibagian bawah.




yang ada di dalam kotak hitam itu adalah rangkaian otomatisnya,prinsip kerja rangkaian ini adalah menggunakan sensor yang memanfaatkan air itu sendiri yang dimana air itu bisa menjadi konduktor atau penghantar listrik.
pada gambar diatas,akuarium bagian tengahnya saya beri sekat dan hal ini untuk mengibaratkan bahwa anggap saja satu bagian adalah sumber air sedang satu bagian lain di ibaratkan sebagai bak penampungan air.dan disini saya menggunakan 3 lembar kawat email sebagai sensornya,dan ke-3 nya dimasukkan kedalam air, yaitu di bagian akuarium yang di ibaratkan sebagai bak penampungan.dan jika jumlah level air berkurang maka secara otomatis pompa akan menyala dan kembali mengisi bak penampungan,dan jika level air telah penuh maka secara otomatis pula pompa air akan berhenti.
gambar diatas adalah letak dan cara pemasangan sensornya,dimana 3buah kawat sensor ABC ditaruh didalam air,kawat A adalah bertegangan 12volt sedang kawat B adalah sensor ON, dan kawat C  yang terpasang lebih tinggi dari ke dua kawat A dan B adalah sebagai sensor OFF.untuk lebih jelasnya lihat juga gambar skema diatas.nah mungkin bagi anda ada yang bertanya kenapa kok kawatnya yang teraliri listrik justru dimasukkan ke dalam air.......? wah kalau diterapkan pada penampungan air beneran,bisa kesetrum nih,hehehehehehe..........
Tapi tenang aja,saya jamin gak bakal kesetrum deh...soalnya rangkaian ini hanya menggunakan tegangan DC 12volt,jadi aman-aman saja,meskipun pompa air bekerja pada tegangan 220volt tetap arus yang masuk ke pompa air tidak terhubung ke dalam air,jadi anda tidak perlu kuatir alatnya bakal nyetrum.
   Nah, demikian lah posting kali ini,dan bagi anda baik sebagai mahasiswa ataupun pelajar yang mungkin mendapat tugas dari guru kalian dengan topik seperti diatas,mungkin posting saya ini sedikit banyak bisa membantu.
Selamat belajar dan berkarya.

Comments

  1. terima kasih banyak kak..artikelnya sangat membantu.kebetulah saya mahasiswa prodi fisika semester 4 dan sedang mendapat tugas membuat alat diatas,sukses untuk kakak yg punya blog ini

    ReplyDelete
  2. mau nanya yaa :D saya juga buat seperti itu, tapi kenapa airnya ndak bisa menjadi konduktor, kira2 kenapa yaa? mohon bantuannyaa, terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin salah dalam posisi kawat sensor dan 12v nya, atau mungkin rangkaian masih belum benar,coba periksa lagi rangkaian terutama pada pin-pin IC nya

      Delete
  3. mantap kreasinya.. layak uji LIPI.. sukses selalu

    ReplyDelete
  4. Patut dicoba dan dipraktekin nih, klo yang biasa dijual di toko bangunan masih menggunakan switch yang dikontrol oleh pelampung, kalau ini sudah menggunakan elektronik

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan