Pengenalan Komponen Elektronika Dasar Part1

    Assalaamualaikum........
Hallo sobat semua,apa kabar......? semoga baik-baik saja ya,
Oke untuk posting kali ini kita akan membahas seputar pengenalan dasar dari komponen elektronika,khususnya untuk para pemula yang ingin memahami tentang elektronika,namun karena komponen elektronika cukup banyak dan pembahasan tiap komponen cukup panjang untuk itu posting ini akan saya bagi menjadi beberapa part.Dan untuk penampakan gambarnya saya ambil dari berbagai sumber.
Baiklah sobat,untuk yang pertama yang akan kita bahas adalah:
1.Resistor
Resistor yang biasanya disingkat R adalah salah satu dari komponen elektronika yang memiliki peranan penting dalam sebuah sirkit/rangkaian elektronika,dimana fungsinya antara lain sebagai penurun arus dan tegangan listrik,juga sebagai pembagi tegangan, resistor ada yang nilainya tetap dan tidak dapat di ubah(fixed) dan ada resistor yang nilainya tidak tetap (variable) dan dapat di rubah nilainya.Resistor ada pula yang menyebutnya hambatan/pelawan,karena sifat alat ini yang menghambat/melawan arus listrik tentunya ada energi listrik yang hilang diserap oleh Resistor.
Gambar Resistor
Resistor memiliki daya tahan mulai dari 1/8watt hingga beberapa puluh watt,sedangkan bahan dasar untuk membuat resistor biasanya dari bahan carbon.
Nilai dari Resistor dinyatakan dalam satuan Ohm,dan kerusakan yang sering terjadi pada alat ini adalah nilai resistansi membesar(melar),putus,dan terbakar.
   
 Untuk mengetahui berapa ohm kah nilai dari suatu resistor dapat kita baca,karena nilainya ada yang langsung tertulis dibadan resistor itu sendiri dan juga resistor yang menggunakan kode warna,dan ada nilai toleransi terhadap nilai ohm sebuah resistor,nilai toleransi adalah nilai ketidaktepatan dari nilai reseistor itu sendiri.
       Cara menghitung nilai resistor yang menggunakan kode warna.
Disini kita akan membahas cara menghitung kode warna dari sebuah resistor,namun kita akan menghitung resistor yang memiliki 4 gelang warna terlebih dahulu,karena ada resistor yang menggunakan 5 dan 6 gelang warna.untuk itu kita lihat nilai masing-masing dari setiap gelang warna
     Hitam                 =0
     Cokelat              =1
     Merah                =2
     Orange               =3
     Kuning               =4
     Hijau                  =5
     Biru                    =6
     Ungu                  =7
     Abu-abu             =8
     Putih                   =9
     Emas                  =5%
     Perak                 =10%
     Tak berwarna      =20%


Nah disini kita akan menghitung nilai sebuah resistor dengan 4 gelang warna,misalnya sebuah resistor dengan warna gelang sebagai berikut:
       gelang ke 1 =cokelat ------------= 1
       gelang ke 2 =hitam --------------= 0
       gelang ke 3 =merah ------------- =2  (adalah faktor perkalian atau banyaknya jumlah nol)
       gelang ke 4 = emas -------------= nilai toleransi 5%
Jadi berdasarkan warna gelang yang di tunjukkan di atas maka nilai dari resistor yang kita hitung adalah 1000ohm atau 1kilo ohm atau sering di singkat 1K dengan nilai toleransi sebesar 5%.
seperti disebutkan diatas nilai toleransi 5% artinya bahwa nilai resistor tersebut tidak tepat 1000ohm,jadi lebih besar atau lebih kecil 5% dari 1000ohm yaitu antara 950 sampai 1050 ohm.
Dan agar lebih cepat dalam menghitung nilai resistor kalian bisa berlatih menghitungnya,dan tentu terlebih dahulu kalian hafal nilai dari masing-masing warna gelangnya.




   Oke, komponen elektronika yang berikutnya adalah;
2.DIODA
Dioda atau biasa disingkat D adalah salah satu komponen yang berperan sangat penting dalam suatu rangkaian elektronika,dan Dioda ini berfungsi antara lain sebagai penyearah arus,yaitu mengubah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC) dan juga digunakan sebagai protektor sebuah rangkaian saat terjadi kesalahan dalam pemberian catu daya tegangan pada rangkaian itu.Bahan dasar pembuatan dioda adalah Germanium dan Silikon,namun kedua bahan dasar ini tidak langsung begitu saja menjadi dioda,namun terlebih dahulu harus di doping (dicampur bahan lain) serta diproses sedemikian rumit sehingga bersifat semikonduktor (setengah penghantar arus listrik).
Ada beberapa macam dioda diantaranya dioda perata arus (rectifire),dioda zener (penstabil/pembatas tegangan,dan light emiting diodes atau LED.dioda memiliki 2 kaki atau elektroda yaitu ANODA dan KATODA.

                                                          Gambar Dioda dan simbolnya






                                                               simbol dioda zener







  




                                                                    LED dan simbolnya



   Setiap jenis dan nomor seri dioda memiliki karakteristik dan kemampuan menghantarkan arus yang berbeda,dan hal ini disesuaikan dengan kebutuhan pada setiap penggunaan dioda.
Dan lalu apakah perbedaan dari dioda penyearah dan dioda zener? oke,dioda peyearah selalu diberi arah tegangan maju,yaitu anoda mendapat tegangan positif sedang katoda mendapat tegangan negatif,sedangkan dioda zener selalu dipasang sebaliknya, jadi anoda mendapat tegangan negatif sementara katoda mendapat tegangan positif.Kerusakan umum  yang sering terjadi pada dioda berupa tidak ada nilai resistansi antara kedua elektrodanya (short),putus,terbakar atau juga bisa pecah.
LED ( light emiting diodes) adalah dioda yang dapat mengeluarkan cahaya,dan pada penerapannya LED digunakan sebagai indicator,variasi lamp,dekorasi dan sebagainya.namun dewasa ini LED digunakan sebagai pemberi cahaya pada peralatan display video monitor setelah munculnya tekhnologi LCD dan layar Plasma.
Oke, sampai disini posting tentang pembahasan dasar-dasar komponen elektronika,dan insya Allah saya akan posting kembali untuk pembahasan komponen lainnya pada part berikutnya.
Selamat belajar dan berkarya,semoga bermanfaat.


Comments

  1. ini post yang bagus pak,sangat berguna buat pelajar seperti saya

    ReplyDelete
  2. Thanks udah share sob , bermanfaat infonya !!


    bisnistiket.co.id

    ReplyDelete
  3. artikel yang bermanfaat gan :) tambah artikel yg lainnya gan , lanjutkaan
    salam Rajalistrik.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan