Pengenalan Komponen Elektronika Dasar Part2

    Assalaamualaikum,,,,,,,
hallo sobat, apa kabar? yah semoga selalu baik2 saja ya........
Oke kali ini saya akan posting kembali lanjutan dari posting sebelumnya yaitu Pengenalan Komponen Elektronika Dasar,dan di part2 ini kita akan membahas komponen elektronika yang berperan penting dan sering muncul didalam praktikum yaitu:

          LDR (Light Dependen Resistor)


LDR adalah juga resistor,namun tidak seperti resistor yang pernah kita bahas pada posting sebelumnya.seperti halnya resistor,LDR juga mempunyai nilai resistansi akan tetapi nilai resistansinya akan berubah membesar jika permukaan LDR terkena cahaya.
Semakin kuat intensitas cahaya yang menyentuh permukaan LDR maka nilai resistansinya semakin membesar.


                                                                       simbol LDR

LDR digunakan pada perangkat elektronika yang menerapkan fungsi sensor cahaya,jadi LDR digunakan sebagai sensor yang memanfaatkan intensitas cahaya.
pada praktikum yang umum biasanya digunakan pada rangkaian otomatis lampu.dimana saat siang hari permukaan LDR terkena sinar matahari maka lampu otomatis tidak menyala,dan sebaliknya jika malam hari dimana permukaan LDR tidak mendapat cahaya maka lampu otomatis akan menyala.


Oke untuk komponen yang berikutnya adalah:

              VDR (Voltage Dependen Resistor)
VDR adalah salah satu komponen elektronika yang banyak digunakan pada peralatan seperti pesawat televisi.
VDR adalah juga sebuah resistor,namun nilai resistansinya dapat berubah sesuai tinggi dan rendahnya tegangan pada kedua kakinya.










Jadi,semakin tinggi tegangan diantara kedua kakinya maka nilai resistansinya semakin menurun.pada prakteknya VDR digunakan untuk stabilisasi tegangan sekaligus sebagai pelindung sebuah rangkaian tehadap kondisi over voltage atau kelebihan tegangan.

   Oke,sampai disini dulu untuk postingan kali ini dan insya Allah saya akan posting kembali untuk pengenalan komponen pada part berikutnya.
Selamat belajar dan berkarya, semoga sukses dan bermanfaat.

Comments