Pengenalan Komponen Elektronika Dasar Part3

  Assalaamualaikum.......
Hai sobat semua,,,,,kalau pada posting tempo hari kita sudah membahas tentang beberapa komponen elektronika diantaranya;resistor,dioda,LDR dan VDR.
Kali ini saya akan posting kembali pada part3 ini tentang komponen elektronika yang lain yaitu:

          NTC (NEGATIVE TEMPERATUR COEFESIEN)
NTC atau juga sering disebut negatif thermistor adalah kompnen elektronika yang memiliki nilai resistansi yang berubah-ubah tergantung suhu.semakin panas suhu pada NTC maka resistansinya semakin mengecil bahkan sampai pada  0 ohm.



Penggunaan pada prakteknya,yaitu sebagai pengurang kejutan penyerapan arus listrik yang besar oleh suatu beban peralatan elektronika.pada pesawat televisi terdapat NTC, dimana saat pesawat tv baru dinyalakan maka suhu pada NTC masih dingin dan nilai resistansinya besar,dan pada saat tv sudah menyala agak lama maka kondisi NTC menjadi lebih panas dan nilai resistansinya akan menurun.sekaligus menjadi pelindung bagi dioda jembatan penyearah arus dari lonjakan arus yang over.
jadi NTC bisa digunakan sebagai softstart pada saat pertama kali peralatan dinyalakan sehingga penyerapan arus listrik yang berlebih dapat dihindari.
sebab jika penyerapan arus pada perangkat elektronika sangat besar pada saat pertama kali ON biasanya MCB dirumah anda akan njeglek/turun,dan anda mengira bahwa daya listrik dirumah anda tidak kuat padahal hanya untuk menyalakan tv 14" saja,untuk itu pabrik melengkapi produk tv nya dengan NTC.


    Nah,, untuk komponen yang berikutnya adalah;

       PTC (POSITIVE TEMPERATUR COEFESIEN)
PTC atau sering orang menyebutnya thermistor positif,merupakan salah satu komponen elektronika yang selalu digunakan pada pesawat televisi warna.



dan alat ini selalu berhubungan dengan coil degaussing,PTC adalah kebaikan dari NTC dimana saat suhu dingin nilai resistansinya kecil dan jika disaat suhu naik maka nilai resistansinya juga naik.koefesien temperaturnya bernilai positif pada interval suhu tertentu dan jika diluar interval tersebut akan bernilai negatif.
Nilai dan koefisien temperatur dari termistor PTC jauh lebih besar dari pada termistor NTC.
Nah demikianlah pembahasan singkat pada posting kali ini dan insya Allah saya akan posting kembali untuk part yang berikutnya.
selamat belajar dan berkarya,semoga bermanfaat. 

Comments

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan