Perbaikan kerusakan Active Speaker mobil

   Assalaamualaikum....
hai sobat2 semua khususnya rekan2 tekhnisi,apa kabar? semoga baik2 aja yah......
kali ini saya akan posting kembali pengalaman di meja kerja,kali ini datang sebuah active speaker mobil dari salah satu toko variasi mobil di kota lubuklinggau.
Gejala keluhan dari active speaker ini apabila di hidupkan suaranya kecil dan tidak bersih seperti radio yang udah mau habis batre kali ya......hehehehehe
Dan dengan mengucap Bismillah saya buka baut2 yang ada di box bagian belakang untuk membuka rangkaiannya.
pertama saya masukkan sumber arus dari powersupply dan lalu saya ukur tegangan keluaran dari rangkaian inverter yang merubah tegangan DC12V dari batre menjadi tegangan simetris DC30VCT,dan ternyata tegangan normal,kemudian saya coba sentuh dengan jari bagian input power amplifiernya dan ternyata bunyi dengung keras,dan kesimpulan sementara masalah ada di bagian tone control.
Nah, disini terdapat IC TL084CN,lalu saya coba ukur tegangan di kaki2 IC ini dan ternyata pada pin ke4 yang seharusnya ada tegangan 12V malah tidak ada tegangan sama sekali,berikutnya saya telusuri jalur pin4 ini dan disitu ada dioda zener 12v yang short.




yang dilingkari dan ditunjuk panah merah itulah biang kekacauan dari semua ini hehehehehe......maaf fotonya rada kabur soalnya dijepret dari kamera hp.

oke,tanpa babibu lagi langsung saya ganti dioda zener yang udah co.id tadi dengan yg baru,dan setelah pergantian pemain ini Alhamdulillah suara activespeaker mobil langsung normal.



oke,demikianlah pengalaman di meja kerja kali ini dan semoga posting kali ini dapat bermanfaat bagi rekan2 tekhnisi khususnya yang masih pemula.
dan nantikan posting berikutnya,Salam


Comments

  1. wah makasih banyak nih kak udah di ajarin banyak hhall hehee
    sangat menambah wawasan ane ..
    thx for sharing gannnn :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan