TV SANKEN BAZZON Pureflat Putus Yoke Vertikal



Assalaamualaikum…….
Hallo sobat tekhnisi semua,apa kabar? Semoga baik2 saja yah..
Akhir2 ini saya saya memang jarang update posting di blog ini dikarenakan kesibukan dan juga karena macetnya akses koneksi internet saya,yah… maklumlah saya pake internet gratisan hehe…..
Oke,kali ini datang ke meja kerja saya sebuah pesawat televisi SANKEN BAZZON PUREFLAT,CRT nya LG Philips tapi mesin gak jauh beda sama mesin cina wcom,dengan gejala problem seperti ini:





Tak lain dan tak bukan problem tampilan layar seperti ini karena putusnya kawat yoke bagian vertikal,bisa gulungan yang atas bisa juga yang bawah.Dan problem ini pernah beberapa kali saya temui yaitu di TV Panasonic dan Sharp alexander khususnya layar flat.
Setelah saya buka casing,lalu saya coba periksa dan amati dengan seksama ternyata kali ini lebih gampang,soalnya yang putus kawat dibagian luarnya,berbeda dengan TV Sharp beberapa waktu lalu yang putus yoke bagian dalamnya dan harus bongkar yoke vertikalnya.
Karena kawat yang putus sudah ketemu,jadi ya langsung tak sambung saja
Setelah acara sambung kawat beres sekarang saatnya mencoba,dan inilah hasilnya:







Alhamdulillah,,,akhirnya Sanken tv menyala normal lagi,memang untuk tv jenis layar flat seringkali putus kawat yoke vertikal,diantaranya yang sering saya temui merek Panasonic,Sharp alexander,dan LG.
Kemungkinan besar hal itu disebabkan karena kurangnya kualitas kawat email yang digunakan oleh tv sekarang,bahkan ada juga yang kawat email untuk trafo yoke ternyata dari bahan aluminium,bukan tembaga seperti pada tv keluaran lama dibawah tahun 2005.
Yah itulah salah satu upaya pabrik produsen tv untuk menekan biaya produksi,haraga murah meriah tapi kualitas berkurang.
Oke demikianlah posting kali ini semoga bermanfaat bagi rekan2 tekhnisi,dan insya Allah saya akan terus update blog ini dengan posting berikutnya.

Comments

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan