Dengan ESR meter kerjaan lebih cepat selesai

  Assalaamualaikum.......
hallo sobat tekhnisi tuser semua,semoga sehat walafiat ya.....
oke kali ini saya akan kembali berbagi pengalaman di meja kerja,dan insya Allah saya akan selalu posting di blog ini tentang pengalaman pekerjaan saya.
kemarin saya dapat pasien tv Polytron Minimax yang menggunakan IC HB-00-04G,dengan gejala hidup sesaat kemudian protek,di on kan lagi dari remote hidup dan langsung protek lagi,dan begitu seterusnya.....
dan penyakit seperti ini sebenarnya masalah yang paling sering terjadi pada tv polytron generasi baru yang sudah mengadopsi sistem proteksi.
  Baiklah,dengan mengucap Bismillah saya mulai membuka casing dan mulai ukur tegangan,disaat start semua tegangan ternyata normal,dan saya perhatikan banyak solderan yang sudah retak/kendor akibat panas dalam pemakaian,setelah disolder ulang lalu saya coba nyalakan,namun hasil masih nihil dan kondisi tv masih seperti semula.




dilanjut saya ukur semua kapasitor dan elco menggunakan ESR meter yang sudah saya buat tempo hari,pengukuran tanpa melepas satu per satu dari mainboard,dan alhasil ketemu C402,sebuah elco kecil 1uf/50v yang terletak di dekat IC vertikal AN5522.
saat pengukuran dengan AVO meter,kondisi elco ini baik2 saja,namun saat di ukur dengan ESR maka jarum hanya menunjuk skala di tengah,yang menandakan elco ini sudah error,jika elco masih baik maka jarum ESR akan menunjuk mentok ke kanan.
setelah ganti elco tadi maka tv Polytron Minimax sekarang sudah Tokcer alias nggak protek lagi dan menyala normal.

   Alhamdulillah berkat ESR meter rakitan,dan meski hanya simple namun sangat membantu pekerjaan saya,dapat cek elco dengan cepat tanpa melepas elco dari PCB sehingga tidak banyak waktu yang terbuang hanya gara-gara elco yang error.

inilah ESR buatanku yang memanfaatkan casing bekas multitester yang sudah rusak,dan Alhamdulillah alat ini sangat membantu.
oke,demikianlah posting kali ini dan semoga bermanfaat,dan saya sarankan bagi sobat2 tekhnisi tuser agar melengkapi peralatan kerjanya dengan ESR agar kerjaan lebih cepat kelar dan bisa mengerjakan yang lain.
Wasallam

Comments