Mati Total TV LG Ultra Slim FU2RD-T3

 Assalaamualaikum......
sobat tekhnisi pa kabar.....? semoga sehat wal afiat ya....
oke kali ini saya akan kembali cerita pengalaman di meja kerja,tempo hari saya di datangi oleh pesawat tv merek LG  ultra slim type FU2RD-T3  pakai IC LV76211 3C dengan  kondisi mati total.






oke,dengan mengucap kalimat Bismillahirrohmaanirrohim lalu casing tv saya buka,dan mulailah investigasi dengan pengukuran tegangan,namun dari output regulator tidak ada tegangan sama sekali baik B+ maupun tegangan lain nya.
wah,,pasti regulatornya nih pikir ku.....dan mulailah lanjut pemeriksaan area regulator,namun lagi2 pada elco besar bagian primer yg seharusnya ada tegangan sekitar 300volt malah tidak ada tegangan....
nah....ketemu biang keroknya.....





ternyata saklar on/off nya putus,,,,weh,,weh,,,ternyata sakelar model ini susah dicari di pasaran ya.....
ya udah,akhirnya ganti pakai sakelar lain dengan di modifikasi sedikit


setelah modifikasi sakelar selesai,lalu seperti biasa saya lepas dulu beban output dari regulataor buat antisipasi jika kemungkinan regulator tidak normal,kemudian saya ukur semua tegangan dan ternyata semua normal,,sipp deh pikirku.....
setelah itu pasang lagi semua beban yg tadi di lepaskan,dan sekarang saya coba nyalakan,dan hasilnya.....




ternyata sudah joss dari kondisi mati total ternyata cuma rusak saklar on/off......
demikian posting kali ini semoga ada manfaatnya khususnya bagi rekan2 tekhnisi tuser...
gejala boleh sama tapi kerusakan mungkin berbeda,yg penting kita harus teliti dulu dalam mencari kerusakan pesawat tv.

Comments

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan